KPK Temukan Aliran Duit 5 Kali Lipat ke Eks Dirut Garuda

0
Febri Diansyah, Juru Bicara KPK. (Ist)

Nasional, Fokusaktual.co.id
– Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan indikasi aliran dana yang lebih besar dibanding temuan awal terkait kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus dan Rolls Royce ke PT Garuda Indonesia.

Mulanya penyidik lembaga antirasuah menduga aliran duit senilai Rp20 miliar, namun belakangan ditemukan mencapai Rp100 miliar.

“Memang kami mengidentifikasi dugaan aliran dana itu bukan hanya Rp20 miliar. Setelah kami cek ada puluhan rekening lintas negara, ketemulah totalnya kurang lebih dugaan aliran dana itu Rp100 miliar. Termasuk pada tersangka yang sudah ditetapkan saat ini,” Juru Bicara KPK Febri Diansyah menuturkan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (6/12).

Febri melanjutkan uang tersebut diduga tak hanya mengalir ke kantong eks Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, tetapi terbuka kemungkinan bermuara juga ke pejabat lain di internal Garuda, termasuk eks Direktur Teknik Pengelolaan Armada PT Garuda Indonesia, Hadinoto Soedigno.

“Jadi bukan pada satu orang, ESA saja ya. Tetapi pada beberapa pejabat di PT Garuda Indonesia saat itu. Kan, sudah ada pengembangan satu orang juga yang sudah kami proses [HDS]. Nanti kalau ada fakta-fakta lain, kami dalami lebih lanjut,” sambung dia lagi.

Sumber: CNNIndonesia